Selasa, 13 Januari 2015

Kuliner Unik di Malang

Malang merupakan daerah pilihan untuk berwisata bagi masyarakat di Jawa Timur. Banyak juga wisatawan dari daerah lain bahkan turis asing yang berkunjung kemari. Bisa dibilang, Malang adalah Bandungnya Jawa Timur. Beraneka kuliner lezat dan tempat wisata ada disini.
Kebetulan setelah saya dan suami selesai penempatan di Kuala Lumpur, kami pindah ke Malang. Banyak hal yang saya rindukan disini. Mengingat sebelumnya saya pernah kuliah di Universitas Brawijaya. Semua makanan dan warung-warung jaman kuliah saya datangi kembali. Tapi sekarang berbeda, saya sudah membawa stroller kemana-mana, dan selalu bertanya "ada baby chair?" di setiap rumah makan.
Cafe, cafe, dan cafe. Penyebaran virus cafe ini terbilang sangat pesat di kota Malang. Karna lifestyle sekarang yang lebih mengutamakan nongkrong, meeting, dan working. Working yang saya maksud adalah mengerjakan tugas di cafe. Baik tugas kuliah, atau pun tugas kantor.
Dari beberapa cafe yang saya datangi, mungkin bisa dibilang hampir sama satu dan lainnya. Baik tema mau pun rasa. Bedanya, di tempat A toastnya enak, tapi kopinya biasa aja. Di tempat B, toastnya biasa aja tapi kopinya enak banget.
Udah banyak juga blogger yang memberikan rekomendasi kuliner. Tapi kebanyakan mereka mengutamakan yang murah, atau kurang memikirkan aspek parkir yang nyaman, atau cocok nggaknya  untuk yang udah berkeluarga.
Nah, biar gak bingung-bingung, saya kasih bocoran tentang cafe-cafe unggulan yang saya rekomendasikan. Kualitas Ok, rasa bikin nagih, parkir gak susah, dan cocok untuk bawa anak-anak. Berhubung saya dan suami adalah penggila kuliner, jadi rekomendasi kami (selama ini) belum pernah mengecewakan. Dan setiap orang yang sudah mencoba rekomendasi kami selalu bilang, "kok gak dari dulu-dulu siiih?"

Check this out..

Niki Kopitiam (Jl. Bondowoso 8, Malang)
Waktu kami nikah, kami pakai catering Niki Echo. Naahh,, mereka membuat resto kopitiam nih ceritanya, jadi kita bisa ngerasain seluruh menu cateringnya yang dikemas dalam porsi personal. Sejauh ini kami belum pernah kecewa makan disini. Semua makanannya memuaskan. Tapi ada beberapa yang kami suka, seperti: dim sum (juara!), bubur ayam (kesukaan anak saya), nasi gayatri (menu personal yang lengkap dan lezat), dan avocado coffee (sampe bikin batal puasa). Cocok banget untuk semua masyarakat (dari remaja sampai keluarga). Ada outdoor dan indoornya. Bagi yang suka ngebuss (alias ngerokok) gak usah takut, bisa kok di cafe ini.


Alice Tea Room (Daerah Ijen, samping Museum Brawijaya belok kanan)
Udah keliatan kan apanya yang menarik? yakk.. tempatnya! Makanan yang disajikan bukan makanan berat ala resto. Tapi lebih ke ringan dan gak terlalu mahal. Cakenya banyak pilihan. Cocok banget untuk nraktir temen, ngumpul bareng, atau party celebration. Eiittss, ada tempat mainan anak juga loh. Ditaruh di taman luar. Jadi cocok juga buat yang berkeluarga. Tempatnya luas, dia adalah semacam rumah tua yang disulap menjadi luar biasa. Lucu banget buat foto-foto dear..
Blooms (Jl.Raya Langsep 60 Malang. Dari Dieng Mall lurus aja kalau dari arah Galunggung)
Ini bener-bener perfect. Suka banget ama lava cakenya. Sampe-sampe temenku yang lagi diet, berani nambah 2x untuk lava cake itu. Gak jauh beda ama Alice tea tadi, Blooms juga lebih prever ke Cake and Pastry, tapi dia juga ada western foodnya. Eh, jangan lupa cicipin Choco Orangenya yaa.. Syumpah.. Enaakk..
Ronde 88 (Sebelum Ringin Asri Sukarno Hatta)
Ini sih bukan cafe. Tapi tempat makan. Kepikiran aja barusan. Makannya langsung googling fotonya. hehehe.. Waktu jaman kuliah dulu, kalau saya sakit, makanan apapun gak bisa masuk kecuali Bubur Ayam ini. Memang dia judulnya Ronde 88, tapi bubur ayamnya enak banget. Apa lagi nasi timlo 88 nya.. Aduhh.. Gak bosen-bosen saya makan hampir tiap minggu. Nasi ama sayurnya itu langsung di campur. panas-panas.. dan ada telur pake petis, plus kerupuk. Wajib dicoba ya!
Taman Indi Araya
Kalau ini perfect. Mengingatkan saya sama suasana Bali. Resto ini berada di Araya. Tempatnya di sebelah sungai. Ada juga yang indoor. Sampingnya ada lapangan golf. Katanya kalau mau nembak pacar, bawa kesini aja. Bakal langsung diterima, hahaha.. Paling saya suka disini adalah Sup Asparagus dan Nasi Gorengnya. Makanan lain juga enak, tapi saya lebih memilih 2 itu tadi. Minumnya yang paling cocok adalah es jeruk degan. Siang hari menjadi waktu yang sangat cocok untuk berkunjung kesini.
Momochi Premium Mochi Ice Cream (jl. Coklat no.6 Sukarno Hatta)
Waktu jalan-jalan sore di daerah sukarno hatta, saya ngeliat ada tempat kecil tapi rameee banget (padahal lagi ujan). Saya kira jual bakso. Tapi kok tempatnya bagus banget kalo bakso. Akhirnya saya putar balik dan mampir kesana. Ternyata tempat ini jual Mochi Ice Cream. Namanya Momochi. Udah pernah coba? ya..kue mochi yang biasanya isi kacang, ini diisi Ice cream. Saya udah pernah coba sebelumnya tapi di tempat lain. Dan ternyata pas sampai disini, Mochi Ice Creamnya guedeee banget! Kaya roti mantau. Wuiihh langsung lahap lah saya makan, apa lagi anak saya. Tempatnya lucu deh, ala-ala cake shop di Eropa gitu. Kecil memang. Tapi nyaman dan adem. Rekomended deh untuk dicobain. Karna yang dijual unik, tempatnya juga unik. Jangan lupa cobain Blackforest ama Greentea ya :)
Illy Cafe - Lai Lai Market 
Sepertinya hampir seluruh warga Malang sudah tau cafe ini. Cafe kecil yang berada di samping Lai-Lai Market, tapi masih di dalam ruang yang sama ini menyajikan makanan cafe dan minuman yang bener-bener enak. Gimana nggak, suami saya sampe mau nyulik chefnya! Saking enaknya makaroni panggang yang dia beli. Kalau saya paling suka makaroni panggang chicken tomato. Nasi panggangnya juga ada. Nah kalau minumannya, saya rekom kopinya. Memang banyak cafe yang pakai brand Illy, tapi disini nih yang saya rasa paling enak dan memuaskan (faktor baristanya mungkin yaa). Buat kamu yang lagi ada rencana belanja kebutuhan sehari-hari, coba deh ke Lai-Lai dan mampir ke Illy. Tapi sabar yaa.. Karna selalu ramee.
SUGOI TEI
Sempet sedih waktu pertama pindah dari Kuala Lumpur ke Malang, karna apa? Karna kita udah nemuin resto Jepang yang paling enak di KL. Namanya Ichiban Boshi. Dan kita udah bersumpah dalam diri kita kalau gak ada resto Jepang seenak disana (labaaay). Nah, bingung dong kalau pengen sushi di malang ini dimana. Mesti belain ke Sushi Tei Surabaya. Lama-lama memberanikan diri mencoba resto ini. Sugoi Tei. Pertama susah juga nemuin yang enak di lidah. Karna kami penggemar Sushi Mentah. Dan akhirnyaaa.. Jeeengg jeennnnggg... saya menemukan yang lumayan enak dan mengobati rasa rindu saya ke Ichiban Boshi. Yaitu Salmon Cheese Roll. Kalau untuk udonnya, lumayan enak. 7,5 dari 10. Cawan Mushinya ini yang enak (karna ditambah bumbu lain sepertinya). Kalau di Ichiban Boshi, cawan mushi itu bener-bener pure, rasa gurihnya itu dari ayam yang di dalamnya. Tapi disini sepertinya ditambahin bumbu biar lebih berasa. Karna kalau ngikutin lidah Jepang, orang malang gak berapa doyan kali ya. So far ini sih resto Jepang yang paling enak di Malang. Lainnya belum ngalahin ini. Cobain deh..
XO Suki Malang (MX Mall)
Ada Sushi, ada Suki. Kalau suki, lebih cocok di lidah. Karna hampir semua orang suka Suki. Ada Batu Suki, ada KL Suki, Ada XO Suki. Saya rekomin XO Suki. Karna kuahnya enak banget. Pilihan sukinya juga lengkap. Kalau kuah, buat saya penting banget. Kalau sukinya enak tapi kuahnya gak enak, ya jatuhnya gak enak. Tapi kalau kuahnya enak, meskipun sukinya biasa aja, pasti terasa enak. Di XO suki ini enak semuanya. Baik kuah dan sukinya. Saya rekom untuk swe kiaw gorengnya. Paduan ayam udang yang digoreng renyah plus sambal cocol yang uenaaaakkk banget tiada duanya. Cocok deh buat yang lagi nyari anget-anget. Saran saya, minumnya jangan es ya. Ntar jadinya kembung (beneran kalau yang ini, percaya saya). jadi karna makanannya udah panas, minumnya panas aja. Chinesse Tea Jasminnya enak banget. Satu pouch bisa berdua. Tapi karna anak saya udah 3x mecahin mangkuk disini, saya gak sering2 lagi kesini. Sungkan-sungkan gimanaa gitu.. hehehe..

Inilah sedikit curhat kuliner saya di Malang. Semoga membantu ya.. Khususnya yang belum dapet pencerahan tentang Kuliner di Malang. masih buanyaaak banget kuliner lainnya. Tapi abis ini anak saya udah jamnya bangun. Ntar gak bisa ngelanjutin lagi, malah gak jadi posting. Ntar disambung lagi yaa.. atau yang mau nanya langsung, boleh. ke email aja di: laras.yohanalarasati@yahoo.com

NB: Bingung nyari alamatnya? Langsung ke google map aja dear.. Karna semuanya udah terkenal banget dan mudah dicari :)
NB lagi: Untuk foto semua saya ambil dari Google. Bukan nyuri ya, tapi pas saya cari foto2 tempat makanan ini di ponsel saya, adanya foto anak saya semua. Jadi ya lebih baik ambil di Google. Thanks ya blogger lainnya yang mau sharing foto :)

10 komentar:

  1. Udah pakai pemajang sushi atau showcase sushi belum? bagus banget gan bisa meningkatkan penjualan :)

    BalasHapus
  2. Warung khas Batu merupakan tempat makan yang santai dan romantis, terletak strategis di jalan Sultan Agung no. 29 Kota Batu sangat dekat dengan wisata Museum Angkut & Jatim Park 1. Sate kelinci & aneka nasi gorengnya sangat laris, maklum karena rasanya extra lezat, tapi harganya super murah. Suasananya santai dan romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Lokasi strategis tepat diantara Jatim Park dan Museum Angkut.

    Penawaran bagi rekan-rekan Tour / Travel Agent, tingkatkan OMZET dan LABA anda :

    CASH BACK 50%
    GRATIS Wifi 20 Mbps
    GRATIS parkir bus luas
    GRATIS makan dan minum crew
    GRATIS tidur
    GRATIS mandi air panas
    GRATIS permainan billiard, karambol, dll
    TERSEDIA musholla
    LEBIH romantis
    LEBIH strategis
    LEBIH lezat
    LEBIH murah
    BERHADIAH TABLET, diundi akhir tahun.

    FREE trial, test food GRATIS !

    Referensi : BCA, Sinarmas Land, Allianz insurance, PT Nike Indonesia dll

    salam hangat dari kami.

    Warung Khas Batu
    http://www.thebatuvillas.com/WarungKhasBatu
    Jln. Sultan Agung 29 Kota Batu
    Telepon : 0341-592955
    BBM: 7D8DEB8C
    HP/Whatsapp : 085707585899
    Twitter : @warungkhasbatu

    BalasHapus
  3. Nih coba deh informasi disini ane juga punya wisata kuliner di Malang

    BalasHapus
  4. MAntabs artikelnya. Sangat bermanfaat buat wisatawan yang ke Malang Batu. Bisa buat refrensi tamu tamu saya juga. Salam kenal dari Sewa Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

    BalasHapus
  5. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

    BalasHapus
  6. terima kasih informasinya. Sedang cari Catering Murah Tangerang ? Zanita wedding akan memberikannya dengan harga yang sangat terjangkau.

    BalasHapus

 

HAPPY MOMMY Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang