Kamis, 14 Maret 2013

Baby Check List

Artikel ini untuk moms yang sedang mempersiapkan kelahiran baby. Perlengkapan apa saja kira-kira yang dibutuhkan saat mempersiapkan kelahiran si kecil? Yuk intip check list ku. Mungkin ada kurang atau lebihnya, maklum.. aku stay di Kuala Lumpur. Memang harga gak semurah di Indonesia, tapi aku bisa mendapatkan barang-barang lucu untuk baby disini. Sebagian juga nitip ke mama untuk baby neednya. Seperti bedong, perlak, minyak telon, dan jamu pasca melahirkan, Indonesia the best deh. Untuk bedong, kainnya halus dan nyaman banget. Beda ama disini. Untuk jamu-jamuan gak usah ditanya lagi, ampuh tak terkalahkan.

LIST PERLENGKAPAN BAYI

- Baby Clothes:
  -Baju bobok
Sediakan 2 lusin baju tidur (ukuran newborn dan 3 month). Mengingat baby newborn sering banget ompol kalau malem. Jadi bakal sering ganti.
  -Baju sehari-hari
Cari yang model bodysuit berkancing bawah, biar gampang ganti popoknya. Sediakan 1 lusin. Biasanya sih banyak yang ngado baju nantinya, jadi belinya jangan banyak-banyak.


Biasanya disediakan satu set isi enam di toko-toko bayi. Itu bisa menghemat.

  -Baju jalan
Sediakan setengah lusin, karna baby newborn jarang jalan-jalan. Mungkin waktu udah bisa diajak jalan-jalan, dia udah gak pake ukuran newborn lagi. Jadi gak usah banyak-banyak nyediain baju jalannya.
  -Jaket
Usahakan beli yang gak terlalu tebal dan gak terlalu tipis juga.


Kemarin beli hooded jacket ini di mothercare. Enak banget kainnya. Bahan sulam.

  -Baju special occasion
Ini berguna banget kalau mama papanya kerja di kantor yang sering ngadain acara. Atau kalau mau bawa baby ke acara nikahan, ulang tahun, dan sebagainya. Sediakan aja 3 buah baju ukuran 3 month.


Merk Trudy Teddy lucu-lucu banget untuk koleksi special occasionnya.
  -Celana
Sediakan 1 lusin. Celana bawahan. Jadi bisa dipasangin dengan atasan apa aja.
  -Sepatu
Kalau baby newborn, sepatunya gak perlu yang sepatu beneran. Secara dia belum bisa napak. Tapi juga jangan kaos kaki, karna beda ama sepatu. Cari sepatu yang semi kaos kaki. Sediakan 3 buah.

Kemarin beliin dedek di moms care. Lucu deh. Bahannya dari bulu boneka.

  -Kaos kaki
Sediakan 1 lusin. Biasanya ntar orang-orang juga banyak ngado kaos kaki. Tapi gak papa juga kalu banyak. Taruh beberapa di mobil, di stroller, dan changing bag dedek.
  -Sarung tangan
Sediakan 1 lusin. Ini juga perlu banget ditaruh di beberapa tempat, karna kita nggak tau kapan dedek ngerasa dingin dan itu biasanya tiba-tiba.
  -Topi
Sediakan 6 buah. Ini juga perlu ditaruh di beberapa tempat, takutnya si kecil tiba-tiba kedinginan.
  -Bedong
Sekarang bedong banyak banget macemnya. Sediakan 2 lusin untuk bedong. Kalau mau gak ribet, beli beberapa model bedong. Kalau untuk dirumah, pakai bedong yang segi empat (bedong tradisional). Kalau jalan-jalan, pake bedong yang instan.

Bedong segi empat masih banyak diminati karena memang terbukti apuh dan kuat untuk membedong. Tapi memang membutuhkan waktu agak lama dan agak ribet makenya.

Bedong instan yang pake perekat juga banyak diminati. Dia bisa disesuaikan dengan badan bayi.
Gak ribet, cepat, dan tetap kuat.

Nah kalau bedong resleting ini emang gampang banget makenya. Tapi dia nggak kuat untuk membedong. Bisa digunakan kalo si baby udah agak gedean dan mulai usreg.

  -Kaos dalam
Sediakan 2 lusin. Karena baby gampang banget ngiler, ketumpahan ASI, dan lainnya.
  -Celana pop
Sediakan 1 lusin. Celana ini cocok ntuk celana main dedek, karena bentuknya yang pendek, biar dedek nggak gerah.
  -Clothes diaper
Sekarang kalau nurutin pampers, pasti boros di kantong. Pake aja clothes diaper. Hemat di kantong, fungsinya seperti popok kain, minim iritasi, bisa diganti-ganti, anti bocor, dan motifnya lucu-lucu. Sediakan 1 lusin clothes diaper, dan 2 lusin untuk pelapisnya (karna harus diganti setiap ompol).

Jangan lupa pilih yang ukuran newborn. Sediakan juga beberapa yang all size (bisa digedein dan dikecilin)

Enaknya clothes diaper ya seperti ini. Dia bisa diganti, nggak ribet, dan tetap berdaya serap tinggi.

Beli inner-nya yang banyak. Karna clothes diaper ini harus diganti inner-nya setiap ompol atau pup.

  -Perlak bobok
Perlak bobok yang di maksud adalah perlak bobok kain. Jadi setelah sprei dipasang, kita pasang perlak plastik, lalu perlak kain ini di lapisan paling atas. Karna bakal kena ompol sering-sering, jadi sediakan yang banyak ya. Minimal 2 lusin. Pilih kain yang paling halus, karna akan bersentuhan langsung dengan kulit baby.
  -Baby bib alias lap iler
Ini juga butuh banyak. Sediakan 1 lusin. Tapi nggak mahal kok. Biasanya disediakan satu set isi enam di toko-toko baby. Kalau mau yang lucu-lucu, mothercare punya koleksinya.


Koleksi mother care (waktu jamanku punya baby).


Nursery:
  -Hand sanitizer
Sediakan beberapa botol (pilih yang pump aja biar gampang) di kamar, ruang tengah, mobil, dan changing bag. Kita memang dituntut untuk selalu steril.
  -Room thermometer
Kadang kala kita gak bisa merasakan suhu udara yang dirasakan baby. Ingat, kulit baby masih sensitif. Dia gampang banget merasakan dingin. Dari pada nunggu owek-owek, mending sediain aja termometer ruangan. Dia bisa nunjukin suhu ternyaman untuk baby.


  -Baby thermometer
Kalau yang ini termometer badan untuk baby. Tau sendiri kan, baby gampang banget sakit. Gampang panas badannya.
  -Nasal aspirator
Ini adalah alat rumah sakit sebenernya. Tapi kita kudu punya juga di rumah mana tau baby tiba-tiba terganggung pernafasannya. Paling tidak, kita bisa memberi pertolongan pertama.
  -Health care kit
Kalau ini wajib bin sangat untuk dibeli. Isinya yang lengkap juga membantu penghematan. Kalau mau pergi kemana-mana juga gampang. Tinggal bawa aja seperangkat, gak akan ada yang ketinggalan deh.

Mothercare dan tommie tippie punya health care kit yang bagus kualitasnya.

  -Medicine feeder
Ini sendok obat. Untuk baby yang udah agak gede. Tapi juga bisa untuk baby yang mungkin gampang banget bobok kalau nyusu ke susu ibunya. Satu-satunya cara adalah pumping breast milk, dan ASInya disendokin dikit-dikit ke baby.
  -Diaper rash lotion
Ini perlu banget. Beli yang satu cepuk biar awet dan gampang ngambilnya. Pantat baby gampang banget iritasi karena popok. Jadi sediakan diaper rash cream untuk menghilangkannya.
  -Cotton buds
Sediakan yang baby size ya..
  -Baby wipes
Ini baby wipes untuk wajah dan tangan baby, mana tau kena kotoran makanan atau sejenisnya. Sediakan big pack dan mini pack untuk di bawa dalam tas.
  -Baby wipes diaper
Kalau yang ini khusus untuk pantat baby yang abis ompol atau pup. Sediakan big pack dan mini pack juga ya..
  -Kapas bulet
Kapas bulet ini digunakan kalau baby newborn kita pup. Cukup dibasahin, dan diusapkan ke area yang kotor. Setelahnya kita pake baby wipes diaper. Nah, selain itu kapas ini juga untuk mandi baby, ngusap mata, hidung dan telinganya. So, beli yang banyak ya.. Satu pack besar cepet banget abisnya.
  -Diaper new born
Ini wajib ada. Mungkin kebanyakan ortu kita nyuruh pake popok kain, tapi usahakan kalau malam pake diaper pampers aja. Kasihan juga kalau dikit-dikit owek-owek karena basah ompol. Mamanya juga gak bisa tidur malam. Jadi sediakan aja diaper ini. Kalau memang niat ngasih diaper yang gak mahal, dari awal harus dikasih merk itu. Karena kalau dari awal udah pake merk bagus dan mahal, baby gak akan mau pake yang beda merk. Hehee.. Udah tau merk ya dia, padahal masih piyik juga.

Baby Bath:
  -Baby bath tub
Pastinya ini pertama dibeli untuk kelengkapan mandi baby. Pilih ukuran yang simple. Kalau memang pengen yang bisa dilipat, pilih merk yang bagus, agar awet penggunaannya.
  -Baby sponge mat
Pasti mandiin baby newborn itu bikin deg-degan banget. Dianya masih kecil, takut kepeleset, kecebur, atau licin. Umumnya orang pake jaring bantuan yang ditaruh di baby bath tub. Tapi aku pakai foam yang bisa nopang badan baby. Lebih mudah dan nyaman aja buat baby, bisa tiduran juga.


  -Karet dasar bath tub
Karet ini biar baby gak kepeleset. Tapi dipakenya nanti kalau baby udah agak gede. udah mulai gerak-gerak kalo dimandiin. Kalau masih newborn, belum terlalu diperlukan.
  -Box nappy organizer
Sediakan tempat untuk diaper dan peralatan mandi baby. Biar gak berantakan dan gak susah kalau butuh sesuatu.
  -Top and tail bowl
Ini perlu banget. Apa alagi untuk baby newborn. Aku pilih produknya mothercare. Dia ada pembatas air, untuk yang bersih dan kotor. Jadi gak ribet bawa dua baskom. Lucu-lucu juga desainnya.


  -Bath sponge
Ini diperlukan untuk mandi baby. Tapi nunggu agak gede ya, maybe 3 bulan. karna kalau pertama kan kulit baby masih sensitif banget. Lagian dia belum kotor-kotor banget badannya.
  -Changing mat
Ini dibutuhkan untuk makein baju baby sehabis mandi. Perlengkapan sperti minyak dan bedak juga disediakan disini. Jadi abis mandi, baby langsung ditaruh di changing mat. Jangan lupa untuk menyiapkan diaper, bedong, baju dan lainnya di atas changing mat. Sehingga baby langsung bisa di wrapping :)


  -Baby soap
Sediakan baby soap yang paling lembut. Survey terbaik sih masih dimenangkan oleh johnson and johnson. Tapi memang terbukti kualitasnya.
  -Liquid powder
Untuk baby born, hindari pemakaian bedak tabur. Itu akan membuat badannya kotor karna tumpukan bedak yang terkena keringat. Selain susah membersihkannya, dia akan menyebabkan lipatan kulit bayi menjadi berwarna gelap. Pakai aja liquid talc, dia langsung nyerap, gak meninggalkan bekas dan kotoran, plus wangiiii tahan lama.

Setelah survey sana sini, ternyata baru mothercare aja yang punya liquid talc.

  -Baby lotion
Ini juga bagus pakai johnson and johnson. Ramah banget ke kulit baby.
  -Tearless shampoo
Nah kalau udah agak gede, baby bisa pakai tearless shampoo. Apa lagi dia udah suka mandi diguyur, waahhh bakalan gak awet deh tearless shampoonya.
  -Baby oil
Baby oil juga masih dimenangkan oleh johnson and johnson. Dia ngeluarin baby oil baru yang gak pake pewangi. Bener-bener murni oil. Cocok banget untuk baby newborn.
  -Hooded towel
Yuk hunting sekarang. Hooded towel lucu-lucu banget bentuknya. Ini perlu disediakan 3 atau 6 buah. Untuk baby abis mandi, dipakein ini dulu biar airnya nyerap dan kulitnya kering, tapi tanpa kedinginan dan tetap nyaman.


  -Handuk bayi
Handuk bayi segi empat tetap dibutuhin loh. Sediakan 6 buah.
  -Bath thermometer
Jaman sekarang sih ada alat ini untuk ngukur hangatnya air. Tapi cara gampangnya adalah memasukkan siku kita ke air mandi baby. Kalau emang nyaman dan cukup hangat, berarti itu juga nyaman untuk si baby.
  -Waslap
Sediakan 1 lusin. Waslap juga butuh banyak. Entah untuk mandi, untuk lap, kompres, dan lain-lain.
  -Sapu tangan handuk seka
Terkadang waslap yang kita beli kainnya terlalu kasar. Maka sediakan sapu tangan handuk untuk mendapatkan kain yang lebih lembut. Cocok untuk membasuh wajah baby.
  -Oral care
Baby newborn emang belum bisa pake sikat gigi, secara giginya belum nongol. Biasanya orang main nyogrok aja pake waslap. Kasihan laaa.. gak nyaman juga itu. Nah, sekarang udah ada oral care. Fungsinya untuk bersihin dalam mulut baby. Bekas-bekas ASI yang warna putih itu.

Tinggal dimasukin ke jari telunjuk dan tengah, si kelinci siap membersihkan.


Baby Bedding:
  -Baby cot
Gak usah bingung milih baby cot. Cari yang murah-murah aja, asalakan pintu sampingnya bisa di naik turunin. Kalau perlu yang ada roda bawahnya biar gampang dipindahin. Sayang kalau mahal-mahal, karna dipake cuma bentar.


  -Matras bobok latex
Cari matras yang paling nyaman. Gak harus latex sih. Tapi memang latex itu yang paling empuk, nyaman, tetap dingin, dan breathable.
  -Bedding set
Pilih bedding set yang gak terlalu banyak setnya. Karna ntar susah sendiri kalau misal dedek ompol. Kan harus diganti spreinya. Kalau udah beli satu set besar sampe ke gorden dan karpet, berarti tiap ganti sprei harus ganti se-gordennya juga dong? hehee.. beli yang satu bedding set aja; sprei, bumper, bantal, guling, dan bedcov. Gampang, simple, dan murah. Sediakan minimal 3 bedding set ya..


  -Deodorized room
Ruang tidur baby gak boleh pengap. Apa lagi kotor dan bau. Wahh bakal owek-owek tanpa sebab tuh si baby. Kalau mang ada budget lebih, gunakan deodorize room ini. Dijamin baby selalu nyaman di kamar.


  -Baby cry analizer
Hahaaahhh.. kalau yang satu ini masih jadi topik heboh antara aku dan suami. Perlu gak sih? Tapi kan seru juga kalau punya alat ini. Bisa tau kenapa baby nangis. Hihihiii.. Tapi memang agak mahal, kita harus merogoh kocek kurang lebih RM 300, ya kira-kira 900 ribu rupiah lah. ........... tapi kan lucuuu (teteeeeep)


  -Drawers
Kemarin dapet di ikea. Kalau ini harus survey di beberapa tempat deh. Karna kalau emang kita hoki, kita bisa dapat model lucu, dengan harga yang murah. So, jangan capek-capek browsing ya. Apa lagi ibu hamil harus banyak jalan.


  -Lampu tidur
Pilih yang sinarnya redup dan hangat. Gak usah warna yang aneh-aneh. Baby malah gak bisa tidur.
  -Selimut
Sediakan 6 buah. Karna biasanya selimut ini jadi objek ompol baby. Sediakan juga di mobil dan stroller yaa..
  -Sleep bag
Kalau pakai selimut biasa kan si baby bakal gerak-gerak kakinya. Trus kebuka selimutnya. Trus dia kedinginan, dan akhirnya owek-owek. Untuk menghindari hal itu, pakai aja sleep bag ini. Kaki baby akan selalu tertutup, jadi dia tetep anget.


  -Bantal guling cadangan
Ini wajib ya moms.. Karena kalo cuma nyediain satu, kita bakal bingung kalau yang lainnya kena ompol. Masa mau pake bantal guling mamanya?
  -Perlak plastik
Ini perlu juga, biar ompol dedek gak tembus ke kasurnya. Sediakan aja 3 buah. Kalau kena ompol, langsung cuci, langsung cepet kering karna bahannya karet. Jadi gak perlu banyak-banyak.
  -Mosquito net
Dari pada dedek pake lotion anti nyamuk, atau harus menghirup obat nyamuk, mending dipakein ini aja. Jaring nyamuk kalau kita bilangnya.
  -Close and secure sleeper
Baby newborn pasti maunya bobok dekat mama papanya. Biar gampang disusuin juga. Nah, gak perlu takut baby guling-guling kemana-mana deh, karna udah ada close and secure sleeper ini. Kemarin waktu beli sekitar RM 300 alias 900 ribu rupiah. Tapi fungsinya sangat membantu banget. Jadi recommended untuk dibeli.

Merk yang bagus adalah first year. So, cepet hunting ya!

Baby Feeding:
  -Breast pump
Merk yang paling laku memang philips avent dan medela. Tapi aku memilih chicco karena dia pake anatomical breast cup. Breast cupnya bisa ngikutin bentuk breast kita. Jadinya nggak sakit dan pasti lebih nyaman. Aku beli yang manual, karna memang gak butuh yang elektrik. Kecuali wanita karir yang sibuk di kantor, aku saranin pake elektrik aja, biar gak capek. Oh iya, manual juga lebi bisa dikendalikan, misal nyedotnya terlalu cepat atau kencang, kita bisa kurangi. Nah, belilah yang sesuai kebutuhan yaa..


  -Breast feeding pillow
Kadang capek juga harus nyusuin sambil gending baby tapi nggak ada bantal penahannya. Nah brestfeeding pillow ini bisa nolong banget, biar moms gak capek waktu nyusuin baby.
  -Baby bottle
Baby bottle bermacam-macam. Yang paling favorit sih philip avent dan tommi tippie. Jangan lupa pilih yang BPA free. Biar dedek gak murus, dan gak berbahaya kalau kena air panas. Pilih aja yang starter set newborn, dia udah include pembersih, pacifier, dan juga nipple.

Kalau mau beli merk avent, pilih yang gold ya. Dia lebih awet botolnya, dan mudah dibersihkan.

  -Pacifier
Hati-hati kalau memutuskan memakaikan pacifier ke baby, karna dampaknya adalah baby gak mau lagi nempel susu mamanya. Bahaya nih buat yang ASI eksklusif. Bisa-bisa baby gak mau lagi minum ASI. Jadi kalau memang belum 6 bulan, jangan diakasih pacifier dulu yaa, biar ASInya optimal.


  -Bottle brush
Ini bisa beli satuan, atau juga sering ada yang sepaket ama botol.
  -Nipple
Ini juga bisa beli satuan atau paket. Sering banget botol baby masih bagus, tapi kenyotnya udah bocel-bocel. Jadi sediain aja satu atau dua nipple.
  -Bottle cleanser detergen
Eiiittsss, jangan pake pembersih cuci piring kita untuk baby ya. Bahaya. Bisa-bisa baby murus karna gak cocok. Jadi belikan pembersih yang memang khusus baby. Lebih aman.
  -Nursing wear
Ini harus sedia banyak. Kurang lebih enam. Apa lagi moms yang pengen ASI eksklusif. Bisa juga pake baju yang kemeja atau terbuka depan. Kalau pengen keliatan tetap stylish meskipun menyusui, cari nursing wear yang made in Korea. Model mereka lucu-lucu. Keliatan baju main, eh ternyata ada lubang untuk nyusuinnya.


  -Nursing bra
Ini sih kudu sedia 1 lusin. Hehehee.. kalau pakai bra biasa, dijamin ribetnya moms. Kalau pake nursing bra kan langsung lepas, langsung kenyot.
  -Breast pad
Ini wajib biar ASI gak bocor. Beli yang satu pack isi 60. Lebih hemat.
  -Sterilizer
Banyaknya kasus baby murus dan muntah itu karna kurang sterilnya makanan, susu, atau alat-alat yang digunakan. Jadi wajib rasanya untuk membeli sterilizer ini. Untuk merk, bebas sih pilih yang mana aja. Tapi carilah yang muat banyak, bisa untuk piring gelas juga, dan bisa tahan sterilnya hingga 24 jam.


  -Susu formula
Sediakan aja kemasan terkecil. Ini jaga-jaga, mana tau moms gak keluar ASInya.
  -Warmer bottle
Ini untuk ngengetin ASI yang udah kita pump dan disimpan di lemari es. Gak usah beli di awal sih, bisa dibeli pada saat baby udah gede.
  -Breast milk storage container
Ini dibeli untuk nyimpan ASI yang udah di pump.
  -Milk powder dispenser
Ini juga belinya ntar aja. Nunggu baby lepas ASI.
  -Teethers
Kalau baby udah mau tumbuh gigi, semuanya bakal digigitin. Biar aman, beli aja teethers. Beli yang banyak. Jadi kalau jatuh, bisa ada gantinya.
  -Bottle drying rack
Botol yang udah di steril tadi digantung di rak biar cepat kering. Jangan ditaruh di serbet ya, banyak kumannya.



Outdoor:
  -Stroller
Ini sih harus liat kondisi dulu. Dimana tempat tinggalnya, kira-kira butuh atau nggak. Banyak juga moms yang gak pake stroller. Merk stroller sendiri bermacam-macam. Sesuaikan aja budget dengan model yang diinginkan. Akan lebih murah kalau belinya satu paket.

Aku beli Chicco i-move yang stroller besar dan car seatnya satu set. Tapi gak pake yang baby bed sebelah kiri itu ya. Nah dua barang itu aku dapet waktu diskon Gong Xi, seharga RM 3000, dari harga asli RM 4500. Kalau rupiahnya sekitar 9jutaan. Lumayan hemat loh daripada harus beli terpisah.



  -Car seat
Kalau di Malaysia, car seat wajib hukumnya. Jadi emang harus belain beli. Kalau di Indonesia kan masih belum wajib. So, kondisional aja.
  -Sun safety car
Ini penutup kaca mobil biar dedek gak silau waktu perjalanan jauh. Kasian juga, sinar yang berlebihan gak baik ke matanya.
  -Baby changing bag
Beli baby changing bag yang include semuanya. Lengkap ama clemek ganti popok. Biar ringkas dan gak ribet.


  -Baby sling carier
Kebanyakan baby tuh favoritnya di gendong mama pake kain. Meskipun di taruh di bouncher, biasanya baby lebih milih di gendong mamanya. Jadi tetap sediakan ya. 3 buah juga cukup.

Others:
  -Laundry detergen
Ini wajib, karena baby gak bisa pake detergen kita. Kulitnya gak akan cocok.
  -Tempat sampah
Sediakan 3 buah. Untuk di kamar, kamar mandi, dan di ruang luar.
  -Baby softener
Ini butuh banget untuk menghaluskan baju baby. Dia gak wangi, tapi melembutkan. Jadi baju baby yang mahal-mahal dan hampir menyamai harga baju mamanya itu (curcoool) bisa senantiasa terjaga kelembutannya.
  -Gurita untuk ibu
Ini untuk moms, supaya bisa cepat balik bentuk tubunya. Sediakan 6 buah. Pakai selama 3 bulan ya, biar efektif.
  -Minyak telon
Kaya'nya merk konicare yang paling nyaman deh. Belum bisa pindah ke lain hati. Hehee.. Sediakan 6 buah botol besar dan 4 botol kecil untuk dibawa jalan dan ditaruh dalam tas.
  -Jemuran gantungan baju
Beli yang melingkar dan banyak dahannya ya, karna tau sendiri kan baby itu sehari pipis bisa sepuluh kali. Kita akan banyak butuh space untuk jemur bajunya.
  -Celana dalam hamil
Ini butuh beberapa, mengingat kalau udah dekat masa melahirkan, kita akan sering keluar keputihan kaya' ompol. Jadi bakal sering ganti.
  -Stagen ibu hamil
Biasanya mama udah nyediain buat kita. Butuh 6 buah lah untuk ganti-ganti.
  -Nursing cream
Sediakan 3 buah, untuk puting ibu mana tau lecet.
  -Baby swing
Ini membantu banget kalau moms lagi masak atau beberes rumah. Gak perlu bingung mau nidurin si kecil, taruh aja si kecil di baby swing, dengan musik dan gerakan ayunnya, dijamin gak bakal rewel deh.


Nah, itulah check list persiapan baby need yang selama ini menjadi acuanku. Persiapan yang baik bisa membuat moms lebih rileks pada saat melahirkan nanti. Semua sudah tersedia dan gak perlu ribet untuk keluar mencari keperluan. Semoga check list ini berguna yaa.. Khususnya untuk moms yang bakalan ngelahirin anak pertamanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

HAPPY MOMMY Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang